Hal-hal yang perlu diperhatikan Dalam Membangun Rooftop Garden

Sejak 5 tahun terakhir muncul trend baru dalam desain bangunan gedung bertingkat dimana konsepnya adalah bangunan yang ramah lingkungan, sehingga banyak gedung-gedung bertingkat memiliki area taman di atas atapnya, atau dikenal juga dengan istilah rooftop garden. Bahkan di era social media ini rooftop garden atau taman atap ini menjadi salah satu tempat favorit netizen untuk mengabadikan momen sekaligus membagikan di dunia maya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun rooftop garden, mengingat dak beton taman atap ini akan menahan beban yang berat mulai dari beban tanah, tanaman, orang yang berada diatasnya, air dan bahkan beban dari dak atap itu sendiri.

Baca Juga : Perkuatan Tanah Lunak Menggunakan Material Geosintetik

Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan

  1. Pastikan atap dak beton dibangun dengan kemiringan 20 – 30 derajat hal ini bertujuan agar air tidak terjebak menjadi genangan dan langsung mengalir ke saluran drainase.
  2. Untuk konstruksi atap dak beton gunakan besi dengan diameter 8 mm sebagai tulangannya. Ukuran untuk setiap kolom beton 20cm x 20cm. Tebal lantai dak 20cm untuk luasan 50 m².
  3. Buat bak tanaman di tepi dak beton, bisa berbentuk kotak, bulat, oval atau kombinasi, asal bentuknya sesuai dengan luas dak yang ada. Bak ini berfungsi sebagai wadah tanaman.
  4. Lapisi dak beton dan bak tanaman dengan geomembrane agar air tidak merembes ke ruangan di bawahnya, serta melindungi tulang besi pada balok kolom dan lantai.
  5. Pastikan anda membuat sistem pengairan dan drainase yang baik sehingga air dapat bersirkulasi dari mulai untuk menyirami tanaman hingga menuju pembuangan.
  6. Untuk membantu percepatan resapan air dan menahan media tanam agar tidak ikut terbawa air maka gunakan drainage cell yang dilapisi dengan non woven geotextile sebagai filtrasi.
  7. Gunakan media tanam berupa tanah merah dan humus. Pastikan media tanam memiliki kadar pH berkisar 5
  8. Untuk jenis tanaman dapat menggunakan tanaman rumput dan tanaman lain yang memiliki jenis akar serabut. Sedangkan tanaman rambat dapat diaplikasikan pada bagian tembok. Untuk lebih mempercantik estetika gunakan tanaman yang memiliki bunga.
  9. Pasang pagar di bagian depan dan belakang taman. Pagar dapat terbuat dari besi, bambu, atau kayu, asal kuat dan aman. Lebih baik jika pagar memiliki pintu, sehingga Anda seperti berada di pekarangan rumah.

Baca Juga : Selang Drip Sistem Irigasi Tetes

Demikian artikel ini ditulis, agar dapat memberikan sekilas gambaran mengenai apa itu rooftop garden dan bagaimana proses pembangunannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *